Penjaga komputer dari virus

Akhir-akhir ini virus komputer makin merajarela. Virus lokal makin gentayangan mencari mangsa komputer yang masih “terbuka”. media Flashdisk dan autorun masih sebagai senjata mereka. Lantas, apa kita hanya berpangku tangan melihat virus tersebut menggerogoti komputer kita? berikut adalah beberapa tips untuk mengamankan komputer dari virus dan keluarganya. Berikut adalah beberapa trik untuk menjaga komputer dari virus.

1. Pasang antivirus yang ampuh di komputer anda. Antivirus apa yang paling bagus? pertanyaan ini sering saya denger dari temen2 dan siswa2ku. Kalau merk, Sampai saat ini belum ada jawaban yang bener2 pas. Antivirus yang paling bagus adalah antivirus yang sering di update. Saya rekomendasikan pakai PCMAV digabungin databasenya dengan CLAM AV. ampuh banget, asal terbaru dan terupdate.    Kalau di pc saya, saya pakai kaspersky AV, tapi kadang2 saya scan juga dengan pcmav+clamav.

2. Matikan sistem restore hardisk pada pc. Biasanya system restore dipakai tempat “persembunyian virus/malware”. Cara mematikan system restore adalah klik kanan pada my computerproperties. Kemudian pilih tab system restore. kemudian isi tanda contreng pada tulisan turn off system restore on all drive.  Lalu ok

3. Saat memasukkan flasdisk/cd,  jangan langsung klik open saat baru memasukkan flasdisk/cd. Jangan juga buka dari drive my computer langsung klik 2 x.  Hal ini menyebabkan script  autorun pada flashdisk/cd langsung jalan. kalau yang dijalankan adalah virus/malware, maka komputer kita akan terinfeksi. Sebaiknya klik kanan pada drive lalu pilih explorer. Autorun ga akan jalan.

4.Sebaiknya buat user dengan hak akses bukan admin di komputer anda, lalu gunakan user tersebut untuk pekerjaan sehari2. Jika suatu saat kita memerlukan akses administrator, baru gunakan administrator untuk login. Jika pada user biasa, biasanya virus tidak bisa mengubah registry komputer dan tidak bisa menginfeksi filesystem. Jadi lebih aman.

5. Cek msconfig (start-run-msconfig), matikan service yang ga perlu dan matikan startup yang ga perlu. saya lebih senang mematikan semua yang ada di startup kecuali av.

segitu dulu ya,, mudah2an bisa membantu. CMIIW

Comment
Share