JAVA

Java:koneksi Java dengan Access (JDBC:ODBC)

By on March 27, 2010

Java menyediakan standar API untuk mengakses database yang disebut Java Database Connectivity (JDBC). Berikut adalah class yang digunakan dalam JDBC API.

  • java.sql.Connection : untuk membuat koneksi database. Secara abstrak memberikan detail dari bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan database server.
  • java.sql.DriverManagar : Mengatur JDBC driver yang digunakan oleh aplikasi. Pada hubungannya dengan proper driver URL dan proper authentification, dapat menyediakan aplikasi dengan valid instances dari object koneksi.
  • java.sql.Statement : method untuk ekskusi pernyataan SQL
  • java.sql.ResultSet : menyediakan hasil dari pernyataan SQL
  • javax.sql.DataSource : memisahkan detail (URL, authentification details) dari bagiamana untuk memperoleh koneksi ke database

OK, sekian dulu pengenalan koneksi java dengan database, mari langsung saja menuju ke contohnya. file databasenya saya letakkan di “D:/programming/java/dbJava1.mdb” silakan ubah kalau perlu. tabel yang ada adalah tbl_mhs dengan field id(integer) dan nama_mhs (text)

Silakan download file untuk belajar koneksi java dengan database access
Demikian pancing yang bisa saya berikan disini, selanjutnya carilah IKAN sebesar mungkin. :ngacir:

TAGS
RELATED POSTS
3 Comments
  1. Reply

    Barayuda

    March 28, 2010

    Wah, beda bgt ternyata sama VB.. tapi mirip kayak mengkoneksi database di PHP, 😎
    thx infonya gan..
    :shakehand2

  2. Reply

    Anom Srd

    March 28, 2010

    NICE info gan…
    Thx…

  3. Reply

    echa

    April 11, 2011

    kerend jg kak blogna,,,
    keana cha hrus lbh banyag blJar agi ^_^

LEAVE A COMMENT

RESIKA ARTHANA
Singaraja, Bali

Halo saya Resika Arthana, saya bukan blogger tetap. Blog ini hanya sebagai catatan tentang apa yang pernah singgah dipikiran saya. Kenapa blog? kalau saya catat di buku saya khawatir tidak bisa dibaca lagi :-P. Saya seorang penikmat kopi, pengayuh sepeda dan seorang dosen di Universitas Pendidikan Ganesha. Tulisan disini kebanyakan tidak divalidasi secara ilmiah terlebih dahulu, jadi jangan dikutip di paper/karya ilmiah ;D

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin