JAVA

Java:koneksi Java dengan Access (JDBC:ODBC)

Written by Resika Arthana · 36 sec read >

Java menyediakan standar API untuk mengakses database yang disebut Java Database Connectivity (JDBC). Berikut adalah class yang digunakan dalam JDBC API.

  • java.sql.Connection : untuk membuat koneksi database. Secara abstrak memberikan detail dari bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan database server.
  • java.sql.DriverManagar : Mengatur JDBC driver yang digunakan oleh aplikasi. Pada hubungannya dengan proper driver URL dan proper authentification, dapat menyediakan aplikasi dengan valid instances dari object koneksi.
  • java.sql.Statement : method untuk ekskusi pernyataan SQL
  • java.sql.ResultSet : menyediakan hasil dari pernyataan SQL
  • javax.sql.DataSource : memisahkan detail (URL, authentification details) dari bagiamana untuk memperoleh koneksi ke database

OK, sekian dulu pengenalan koneksi java dengan database, mari langsung saja menuju ke contohnya. file databasenya saya letakkan di “D:/programming/java/dbJava1.mdb” silakan ubah kalau perlu. tabel yang ada adalah tbl_mhs dengan field id(integer) dan nama_mhs (text)

Silakan download file untuk belajar koneksi java dengan database access
Demikian pancing yang bisa saya berikan disini, selanjutnya carilah IKAN sebesar mungkin. :ngacir:

Written by Resika Arthana
I Ketut Resika Arthana, staff dosen di Undiksha. Juga sebagai ketua divisi pengembangan sistem informasi di UPT TIK - Undiksha. Selain itu, juga sebagai co-founder PT. Hooki Global Kreasi. Bidang ilmu ditekuni : pemrograman, datamining, user experience dan IOT Profile

3 Replies to “Java:koneksi Java dengan Access (JDBC:ODBC)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin