Berita IT

format gambar JPEG akan digeser format webp(produk google)?

Written by Resika Arthana · 33 sec read >

Google lagi2 menggemparkan dunia IT. Jika selama ini kita mengelu2kan JPEG, Google baru saja memperkenalkan format gambar yang baru yang disebut dengan webP.  Serupa dengan JPEG, webP menggunakan teknik lossy compression tetapi hasil kompresi dari webP lebih bagus baik dari sisi kualitas gambar maupun ukuran (byte) gambar. Tipe Gambar webP cocok diaplikasikan pada web untuk meningkatkan perfoma website ataupun menghemat bandwith web kita.

 

Webp terdiri dari vp8 image data dan berbasis RIFFWebP menggunakan sistem predictive coding yang juga diterapkan pada  vp8 video coding untuk kompresi keyframe pada video. Predictive coding menggunakan nilai blok pixel dari pixel tetangganya untuk menentukan pixel tersebut dan selanjutnya meng-encode selisih dari perbedaan nilai prediksi dengan nilai pixel sebenarnya.  Residual biasanya memiliki banyak  nilai 0, nah inilah yang dimanfaatkan oleh google pada webP untuk kompresi yang lebih bagus dari JPG.

Berikut grafik kompresi antara webP, Jpeg  dan JPEG2000.

Lumayan bukan? jika anda ingin mencobanya, silakan download aplikasi dan konverternya di webP

Written by Resika Arthana
I Ketut Resika Arthana, staff dosen di Undiksha. Juga sebagai ketua divisi pengembangan sistem informasi di UPT TIK - Undiksha. Selain itu, juga sebagai co-founder PT. Hooki Global Kreasi. Bidang ilmu ditekuni : pemrograman, datamining, user experience dan IOT Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin