Metric Size merupakan metrik tradisional yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat kemudahan untuk mengerti code oleh developer dan mainteners. Seperti metrik Cyclomatic Complexity, Metrik size juga berpengaruh terhadap understandbility, maintainability dan testing. Semakin rendah nilai metrik size, maka semakin mudah untuk mengerti dan memelihara method tersebut. Ada beberapa cara untuk menghitung size dari method, diantaranya adalah Line of Code (LOC), Non-Comment Non Blank (NCNB) dan Executable Statements(EXEC).

LOC menghitung seluruh baris dalam program, NCNB menghitung semua baris yang tidak berisi komentar dan tidak kosong sedangkan EXEC menghitung banyaknya jumlah statement excecutable tanpa memperhatikan jumlah LOC. LOC dan NCNB sangat dipengaruhi oleh bahasa pemrograman dan style dari programmer. pengukuran Exec paling sedikit dipengaruhi oleh programmer, Exec sangat bagus digunakan untuk mengukur metric size terutama jika project menggunakan banyak bahasa pemrograman seperti yang dilakukan oleh SATC yang menggunakan EXEC untuk mengevaluasi project size. Berikut contoh perhitungan metric size.

Nilai  LOC= 3 , NCNB=3,  EXEC=1

Contoh lainnya :

LOC = 6, NCNB = 5, EXEC = 1.

Berikut hasil pengukuran metrik size pada Characters Graphic

 

Written by Resika Arthana
I Ketut Resika Arthana, staff dosen di Undiksha. Juga sebagai ketua divisi pengembangan sistem informasi di UPT TIK - Undiksha. Selain itu, juga sebagai co-founder PT. Hooki Global Kreasi. Bidang ilmu ditekuni : pemrograman, datamining, user experience dan IOT Profile

One Reply to “Metric software : Size”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin