Asal Asalan, Sistem Informasi

Mengenal Sistem Informasi

Written by Resika Arthana · 1 min read >

Saat ini, informasi menjadi kebutuhan penting untuk menunjang kebutuhan hidup. Informasi tercipta dari apa? Informasi tercipta dari pengolahan berbagai data baik dalam bentuk teks, gambar, audio, video dan lain sebagainya. Jadi bisa di bilang bahwa Informasi diperoleh dari hasil pengolahan Data. Setelah dapat dapat Informasi mau di apakan?? Informasi yang kita peroleh akan menjadi pengetahuan(Knowledge) dan selanjutnya menciptakan kebijaksanaan(wisdom).

Ketika kita pergi ke swalayan, ketemu dengan customer service. Atau ingin berbelanja lewat internet maka kita situs e-comerce. Customer service, E-Commerce, E-Learning, E-Library, Sistem informasi akademik dan lain sebagainya disebut sebagai sistem informasi. Bedanya apa? bedanya kalo customer service itu tidak terkomputerisasi sedangkan pada e-comerce, E-Commerce, E-Learning, E-Library itu sudah terkomputerisasi. Jadi sistem informasi tidak selalu terkomputerisasi. Namun uraian di bawah membahas sistem informasi yang terkomputerisasi.

Jadi apakah sistem informasi tersebut? sistem informasi berasal dari kata sistem dan informasi. Sistem  berarti kumpulan dari metode, prosedur, rutinitas yang diformulasikan untuk melakukan aktifitas, tugas atau memecahkan masalah. Sedangkan informasi? sudah dijelaskan di atas :D. Jadi sistem informasi adalah kumpulan elemen atau komponen yang terdiri dari input, proses dan output berupa informasi untuk memenuhi tujuan tertentu(organisasi).

Jenis-jenis sistem informasi Berdasarkan hirarkies , sistem informasi bisa di bagi menjadi :

  • Transaksional Sistem Informasi : merupakan sistem informasi dimana proses di dalamnya berupa transaksi data(CRUD) secara berulang-ulang ke dalam database. Biasanya level ini dilakukan oleh staff EDP(Electronik Data Processing)
  • Managerial Sistem Informasi : pada level ini dalam sistem informasi sudah ada fitur untuk melihat rekapitulasi data  berupa pelaporan. Informasi yang dihasilkan SI pada sistem ini dimanfaatkan oleh staff pada level manager.
  • Ekskutif Sistem Informasi : pada level ini, sistem informasi sudah bisa menjadi acuan dalam mengambil keputusan(Decision Support System). Fitur SI ini dimanfaatkan oleh level ekskutif(Direktur Utama)

Written by Resika Arthana
I Ketut Resika Arthana, staff dosen di Undiksha. Juga sebagai ketua divisi pengembangan sistem informasi di UPT TIK - Undiksha. Selain itu, juga sebagai co-founder PT. Hooki Global Kreasi. Bidang ilmu ditekuni : pemrograman, datamining, user experience dan IOT Profile

Resika Arthana in Asal Asalan
  ·   1 min read

keep in mind while programming

Resika Arthana in Asal Asalan
  ·   7 sec read

2 Replies to “Mengenal Sistem Informasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin