Berita IT, Linux/Opensource, Sistem Informasi, Tutorial Komputer

OJS untuk E-Jurnal (penjelasan dan instalasi)

Written by Resika Arthana · 28 sec read >

E-Jurnal dimanfaatkan untuk menggantikan  ataupun sebagai pelengkap jurnal cetak konvensional. E-Jurnal dijadikan pilihan disamping karena proses penerbitan cepat, mudah dan murah juga karena distribusi bisa lebih luas melalui internet. Selain itu penggunaan e-jurnal sangat bersahabat dengan alam karena mengurangi penggunaan kertas yang impilikasinya untuk menyelamatkan lingkungan(Stop Global Warming :-))

OJS atau Open journal System merupakan teknologi jurnal management opensoure yang dikembangkan oleh Public Knowledge Project(<http://pkp.sfu.ca/) dengan Lisensi OJS GNU General Public License V2. OJS mendukung manajemen jurnal dari proses submiting, reviewing, revisi, setting layout, manajemen sampai dengan publikasi. Disamping itu OJS bisa dengan mudah diintegrasikan dengan Garuda(Garba Rujukan Digital) Dikti.tulisan ini dimuat juga di website http://dl2.cs.ui.ac.id.

Proses editorial keseluruhan  :

Berikut panduan instalasi OJS pada Ubuntu (berlaku juga di platform lain ) :tabrakan:


Written by Resika Arthana
I Ketut Resika Arthana, staff dosen di Undiksha. Juga sebagai ketua divisi pengembangan sistem informasi di UPT TIK - Undiksha. Selain itu, juga sebagai co-founder PT. Hooki Global Kreasi. Bidang ilmu ditekuni : pemrograman, datamining, user experience dan IOT Profile

4 Replies to “OJS untuk E-Jurnal (penjelasan dan instalasi)”

  1. Makasi penjelasannya kak, sempet bingung soal e-jurnal ini..
    nti utk lanjutnya mungkin ada yg akan sy tanyakan lebih lanjut nih..
    hehehe..
    smangat, maju rey1024.com 😀

  2. Mas, bisa kasih tau gimana caranya melakukan copyedit submission, format layout dan proofread pada ojs? lalu itu tiga langkah tadi (copyedit submission, format layout dan proofread) menggunakan login sebagai siapa?

  3. mau tanya donk, klo bagian depan ojs di ksih rss bisa gak sih? soalnya ku bisa nya kasih rss cma perjurnal saja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin