Computer Science, Website & Online

Mencoba berlangganan cloud (VM)

Written by Resika Arthana · 38 sec read >

Dalam rangka persiapan beta testing aplikasi mobile, dibutuhkan performance yang bagus agar aplikasi bisa berjalan kencang. Hosting biasa sepertinya tidak bisa handle, karena target kami adalah minimal 1000 request secara konkuren. Untuk itu mencoba untuk menyewa cloud virtual machine (VM) yang dedicated (bukan shared hosting). Setelah browsing sana sini akhirnya pilihan jatuh kepada….. cloudkilat.com.  Denger2 sih cloud lokal yang performanya lumayan. Okelah kalo begitu, kami coba berlangganan 1 bulan dulu untuk spek L ) vCPU 8, RAM 8 GB, Swap 8 GB, Storage 160 GB, 1 Public IP). Proses pembelian lumayan lancar, tidak lebih dari 5 menit setelah bayar tagihan, pembayaran dikonfirmasi dan VM cloud sudah aktif. VM bisa diakses melalui SSH untuk install-install sesuatu. Sempat terjadi masalah yaitu tidak bisa ping ke internasional dari VM, tapi setelah membuka tiket pengaduan, sekitar 15 menit permasalahan tersebut sudah ditangani dengan baik. Good.

Aksesnya masih pakai IP? lalu dibuka dibrowser pakai IP juga? wah merepotkan dan tidak keren :-P. Akhirnya saya buatkan sub domain dari domain yang saya hosting ditempat lain.  Sub domain tersebut dalam bentuk A Record yang mengarah ke IP VM tersebut. Jadilah subdomain tersebut mengarah ke VM tersebut.

 

Written by Resika Arthana
I Ketut Resika Arthana, staff dosen di Undiksha. Juga sebagai ketua divisi pengembangan sistem informasi di UPT TIK - Undiksha. Selain itu, juga sebagai co-founder PT. Hooki Global Kreasi. Bidang ilmu ditekuni : pemrograman, datamining, user experience dan IOT Profile

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin