Opini

[Opini] Stop Berpartisifasi Aktif Dalam Penyebaran Hoax, Simak Flowchartnya

By on April 1, 2017

“Sudahkah anda menyebar Hoax hari ini?”, “Apakah yang lebih cepat dari kecepatan cahaya?  jawabannya : orang yang menyebarkan Hoax”. sindirian tersebut belakangan ini sering muncul karena banyak orang ikut berpartisifasi aktif menyebarkan Hoax.

Sejak internet naik daun di kalangan umat manusia, informasi beredar sangat cepat. Semua orang bisa menjadi sumber informasi. Sengaja ataupun tidak sengaja banyak orang berlomba menyebarkan informasi. sebenarnya sangat bagus, karena kita cepat tahu apa yang terjadi di dunia ini. Sayangnya tidak semua informasi yang disebarkan BENAR.  Orang kadang tidak mencari sumber aslinya terlebih dahulu sebelum menyebar ke orang lain.. Padahal dalam genggamannya ada smartphone yang bisa digunakan bertanya ke om Google. Om Google selalu benar? tidak juga? tergantung penyedia informasinya, terpercaya atau tidak.

Ok , intinya tulisan ini apa? intinya kita jangan terlalu cepat kita menyebar berita sebelum mengetahui secara pasti  kebenarannya. Berita bohong (Hoax) bisa menimbulkan keresahan, tindakan nekat, kejahatan, yang bisa memusnahkan umat manusia (lebay :-P). Nah melalui tulisan ini saya mengajukan cara  (flowchart) untuk mencegah kita menyebar Hoax.

 

TAGS

LEAVE A COMMENT

RESIKA ARTHANA
Singaraja, Bali

Halo saya Resika Arthana, saya bukan blogger tetap. Blog ini hanya sebagai catatan tentang apa yang pernah singgah dipikiran saya. Kenapa blog? kalau saya catat di buku saya khawatir tidak bisa dibaca lagi :-P. Saya seorang penikmat kopi, pengayuh sepeda dan seorang dosen di Universitas Pendidikan Ganesha. Tulisan disini kebanyakan tidak divalidasi secara ilmiah terlebih dahulu, jadi jangan dikutip di paper/karya ilmiah ;D

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin