Academic Activity Narasumber PKM

P2M Garsupati di SMA dan SMP Negeri 1 Seririt

By on July 28, 2018

Sabtu, 28 Juli 2018. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Undiksha menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa penerapan Garsupati dalam bentuk pengembangan media ajar interaktif bagi guru SMA dan SMP Negeri 1 Seririt. P2M ini bertujuan untuk melatih guru mengembangkan media ajar inovatif berbasis TIK dan memanfaatkan Garsupati untuk berbagi sumber pembelajaran.

Menurut ketua pelaksana kegiatan, I Ketut Resika Arthana, S.T., M.Kom, P2M ini merupakan bentuk implementasi dari hasil penelitian kerjasama perguruan tinggi antara Undiksha dengan Universitas Indonesia yaitu pengembangan sistem Garda Sumber Pembelajaran Terbuka Indonesia (Garsupati). Garsupati merupakan website untuk berbagi media ajar elektronik antar pengajar, praktisi, dan siswa. Garsupati menjawab seruan Unesco dan pemerintah mengenai gerakan sumber pembelajaran terbuka atau Open Educational Resources (OERs). Dengan menerapkan sumber pembelajaran terbuka,  guru-guru diharapkan mampu mengembangkan media ajar dan dibagi dengan lisensi terbuka di sistem Garsupati sehingga bisa diakses oleh guru dan siswa dimanapun. Hal ini tentu berdampak positif pada pemerataan pendidikan.

Kegiatan yang direncanakan dilakukan di satu tempat dalam waktu bersamaan akhirnya dilakukan di dua tempat dan waktu berbeda karena masing-masing sekolah ingin semua gurunya dilibatkan.  Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat berbeda yaitu di SMA Negeri 1 Seririt (19 Juli 2018) dan SMP Negeri 1 Seririt (28 Juli 2018). Kegiatan di SMA Negeri 1 Seririt dibuka oleh ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Prof. Dr. Nyoman Wijana, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini harus bermanfaat dan berkelanjutan. Selanjutnya tim P2M diminta mengidentifikasi permasalahan yang ada untuk dijadikan kegiatan P2M selanjutnya. Masing-masing kegiatan P2M disambut positif oleh masing-masing kepala Sekolah yaitu I Gde Suparta, S.Pd, M.Pd  dari SMA Negeri 1 Seririt dan I Made Sutarjana. S.Pd dari SMP Negeri 1 Seririt. Mereka menyatakan bahwa pengetahuan ini sangat penting bagi guru-guru agar bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar di jaman teknologi yang semakin canggih.

Rangkaian kegiatan terdiri dari  penyampaian Materi Media Ajar Inovatif dan Garsupati oleh Dr. Kadek Eva Krishna Adnyani, S.S.,M.Si. dilanjutkan dengan workshop videografis dan video editing oleh I Ketut Resika Arthana, S.T., M.Kom dan I Nyoman Laba Jayanta, S.Pd., M.Pd. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pendampingan baik secara online maupun offline sampai pelaksanaan P2M ini berakhir.

Berita ini juga dimuat di Balipost dan Bali Tribunnews

TAGS

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin